Rabu, 12 September 2012

Blog dan Fungsinya

Sejarah Blog
Halo sahabat-sahabat blogger semuanya…
Kali ini saya kan mencoba memposting artikel tentang Blog. Untuk blogger awam seperti saya ini perlu tahu donk apa itu blog dan bagaimana sejarah blog itu muncul di dunia maya. Sebagai blogger pemula saya penasaran dengan sejarah dan perkembangan blog itu seperti apa. Karna semenjak saya membuat blog yang saya ketahui dari teman, saya jadi suka sama aplikasi yang satu ini.
Dengan adanya blog kita bisa berkreasi, melatih kreatifitas kita dan juga pola imajinasi kita. Dan bukan hanya sarana berbagi, blog juga bisa menghapus kejenuhan yang sedang melanda (buat saya sih), hehe. Nah mari kita simak salah satu artikel berikut untuk mengetahui sedikit sejarah tentang blog yang kita gunakan ini.


  • Sejarah singkat:
Blog merupakan singkatan dari “web log”, yaitu sebuah aplikasi web yang berupa tulisan-tulisan (yang dimuat dalam posting) pada sebuah halaman web umum. Sejarah blog di internet bermula dari kehadiran situs yang memuat link-link komentar.
Sejarah Blog
Blog merupakan hasil evolusi dari diary online: Diary atau catatan harian mengenai pendapat, opini, dan apapun itu dalam bentuk yang dipublikasikan secara online (menggunakan website). Salah seorang pioneer dari internet-based journalist ini adalah Justin Hall, yang melakukan membuat online diarynya Justin Links From The Underground ketika dia masih merupakan pelajar dari Swarthmore College.
Kala itu, Blog (atau ketika itu bernama online diary) pada umumnya merupakan website yang berisi kumpulan link menuju halaman web lain yang disertai komentar dan opini pemilik online diary tersebut mengenai halaman dari tujuan link tersebut. Sehingga online diary ketika itu bisa juga dikatakan sebagai katalog link berdasarkan opini pemilik. Para diarist adalah editor yang memilih link mana yang menarik dan menampilkan link tersebut di online diarynya.
Pada tahun 1997, Jorn Barger, seorang programer yang juga mengelola website online diary “robot wisdom” menciptakan istilah weblog yang diambil dari kata “logging the web”. Logging bisa diartikan masuk. So, logging the web bisa diartikan “memasuki web”. Korelasinya adalah blogger awal di kala itu merupakan orang yang masuk ke belantara web dan menyortir link-link menarik berdasarkan opininya.
Hingga 1998, baru ada beberapa website yang dapat diidentifikasikan sebagai blog, hingga ketika itu menjelajahi semua weblog masih memungkingkan untuk di lakukan.
Sejarah Blog
Pada tahun 1999, Peter Merholz menyebutkan istilah weblog sebagai wee-blog, hingga akhirnya dibuat pendek menjadi blog saja. Orang yang mengelola blog kemudian di sebut “blogger”. Pada awalnya dibuat oleh Pyra Labs pada tanggal 23 Agustus 1999 dan merupakan sebuah dedicated blog-publishing tool pertama kali yang diperuntukkan untuk membantu mempopulerkan format tersebut.
Pada bulan Februari 2003, dikarenakan kepopulerannya, akhirnya Pyra Labs diakuisisi oleh Google. Akuisisi ini menyebabkan fitur premium yang sebelumnya dikenakan biaya, kemudian berubah gratis.
Pada tahun 2004, Google mengenalkan layanan barunya “Picasa”, yaitu sebuah aplikasi untuk mengorganisir dan mengedit foto digital. Layanan ini kemudian diintergrasikan dengan utility sharing foto Hello ke dalam layanan Blogger, sehingga memungkinkan seorang pengguna blogger untuk memposting foto-foto mereka ke dalam blog yang dibuatnya.
Pada tanggal 9 Mei 2004, “Blogger” mendesain ulang tampilan utamanya, berbagai perubahan dilakukan di dalam Blogger dengan menambahkan berbagai fitur seperti web standards-compliant template, halaman arsip individu untuk posting, komentar dan posting menggunankan email.
Pada tanggal 14 Agustus 2006, “Blogger” meluncurkan rilis terbaru dalam “versi beta” dengan kode “invader”, bersamaan dengan rilis versi Gold. Ini membuat berpindahnya pengguna Blogger ke server Google dan disertai dengan ditambahkannya beberapa “fitur baru” di dalamnya.
Dalam bulan Desember 2006, akhirnya versi terbaru Blogger tersebut tidak lagi dalam “versi beta” dan dalam “bulan Mei 2007″, Blogger telah benar-benar berpindah ke server Google.


  • Fungsi:
Fungsi Blog
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.
Blog merupakan media informasi yang sangat membantu pengguna yang membutuhkan informasi, maka dari itu blog memiliki kasta tertinggi dalam tingkatan sosial media karena tugas seorang blogger adalah memberikan informasi yang dapat membantu para pembaca untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, sehingga Pembaca dapat belama-lama berada di situs kita karena menikmati informasi yang berguna.
Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama melalui program periklanan AdSense, posting berbayar, jualan link, afiliasi dan lain-lain. Sehingga kemudian muncullah istilah profesional blogger, atau problogger, orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog. Karena memang faktanya banyak chanel-chanel pendapatan dana baik berupa dolar maupun rupiah dari aktivitas ngeblog ini.
Fungsi Blog
Para blogger ini masih akan terus berkembang seiring dengan bergulirnya waktu. Karena saat ini banyak sekali softhware, tool, dan penyedia layanan pembuat blog gratis di internet yang mempermudah kita untuk membuat dan merawat blog.



  • Manfaat:
  1. Pemeliharaan ide dari kepunahan
  2. Ajang pembuktian diri
  3. Menambah wawasan
  4. Kualitas ilmu lebih meningkat
  5. Hidup semakin dewasa
  6. Menghasilkan keuntungan material
  7. Memperluas jaringan
  8. Mendapat keuntungan spiritual, emosional, dan sosial
Manfaat Blog
Nah sahabat-sahabat blogger demikian postingan saya kali ini mengenai Blog dan Fungsinya. Semoga dengan berbagi kita bisa lebih banyak wawasan akan segala sesuatu dalam hidup yang kita jalani ini. Terima kasih sudah berkunjung, semoga postingan ini bermanfaat. Amin.

Sumber:



note: tolong berikan reaksi atau komentar agar penulis dapat berintrospeksi terhadap postingan-postingan berikutnya... terima kasih!!! 



Baca Juga Yang Dibawah Sob:

2 komentar:

  1. jgn kebanyakan kopas di blognya..
    trus balon2 jatuhnya bikin berat loding aja nih

    BalasHapus
  2. @kang asep sule: makasih kang sarannya,,, akan segera diperbaiki,, kunjungi bacaan lain yang akang suka di blog saya yah,, makasih

    BalasHapus